welcome

WELCOME TO MY BLOG

Sabtu, 15 November 2014

CONTOH NASKAH DRAMA "Adil Dalam Berpoligami "



Diceritakan dalam sebuah keluarga yang sudah lama membina rumah tangga tetapi belum dikaruniai buah hati yang sangat didambakan disetiap pernikahan. 

(*sett ruang keluarga, suami lagi baca Koran)
Suami : mengapa akhir-akhir ini kamu selalu terlihat seperti bersedih? Apa yang sering kamu fikirkan ?
Istri : tidak mas aku tida apa-apa. Hanya saja aku merasa ada yang kurang dalam keluarga kita mas
Suami : apa? Uang belanja yang selama ini saya kasih kurang? Atau ada keperluan tambahan sampai uang simpanan kamu tidak cukup?
Istri : bukan mas… bukan itu, bukan itu maksud saya, tapi…
Suami : kenapa ? lalu apa yang kurang yang kamu maksud itu? Coba kamu ceritakan
Istri : coba sekarang mas fikirkan apa yang dapat melengkapi keluarga kita ?
Suami : kamu ini bicara apa sih? Kok sepertinya bertele-tele … sudah kamu ceritakan saja sejujurnya
Istri : kan kita sudah lama menikah mas… tapi… kenapa kita belum juga mempunyai keturunan? Padahal aku begitu mendambakan sosok anak kecil darah daging kita sendiri hadir dalam keluarga kita mas…
Suami : mungkin sekarang ini belum saatnya …
Istri : aku juga pingin mas seperti keluarga lain , ada anak-anak yang selalu tertawa menghibur, tapi… kenapa aku merasa kalau kita itu tida bisa seberuntung keluarga lainnya,
Suami : kamu tidak boleh berbicara seperti itu. Itu namanya kamu tidak bersyukur, seharusnya kita harus tetap bersyukur terhadap apa yang telah tuhan berikan. Mungkin kita harus lebih bertawakal lagi, berusaha supaya tuhan akan lebih cepat mengabulkan doa kita untuk mempunyai keturunan.
Istir : iya.. aku mengerti mas. Tapi sampai kapan kita harus bersabar, setiap hari aku selalu berdoa kepada tuhan tapi…
Suami : kan aku sudah bilang, kelak suatu saat nanti tuhan pasti akan mengabulkan doa kita jika kita tetap berusaha, tawakal dan selalu berdoa meminta kepada tuhan…
Istri : iya mas, aku mengerti.
Suami : ya sudah, sekarang kita sholat yuk, ambil air wudhu dulu, kita sholat berjamaah dan kita berdoa kepada allah yaa…
Istri : ya mas… 

*(sholat berjamaah)
*(saat berdoa setelah sholat)
(*sett mushola)
Istri : ya allah hamba memohon kepadamu, hamba ingin sekali mempunya keluarga yang sempurna. Sekarang hamba telah mempunyai seorang laki-laki yang sangat menyayangi hamba dan menerima hamba dengan tulus dan sekarang hamba memohon kepadamu ya allah, berikanlah hamba dan suami hamba keturunan ya allah. Hamba begitu mendambakan seorang anak hadir dalam keluarga hamba dan itu dapat melengkapi keluarga hamba menjadi keluarga yang sempurna . (*dalamhati)
Suami : kamu jangan bersedih terus ya… kita harus tetap bersabar, jangan sampai kamu merasa tidak bersyukur atas karunia allah yang telah diberikan kepada kita.
Istri : ya mas, maafkan saya jika saya melakukan hal yang salah ya mas…
Suami : yasudah sekarang sudah larut malam , kita istirahat saja ya… 

(*Keesokan harinya )
(*sett ruang makan)
Istri : mbaa… gimana sarapanya udah jadi ?
Mbaa : sudah bu, sudah beres semuanya ada di meja makan.

Istri : the hangatnya sudah bikin? Awasya airnya harus hangat.
Mbaa : oh iya lupa , sebentar ya bu saya bikin dulu the hangatnya..
Istri : ya sudah cepat ya, soalnya sudah siang nih, kasian bapa nanti telat ke kantornya.
Mbaa : ya bu…. 

(*suami datang ke ruang makan )
Suami : sarapannya udah siap bu?
Istri : sudah mas, ini.. Cuma the hangatnya masih dibiki mbaa didapur, dia lupa bikn the hangatnya..
Suami : oh yasduah, yuk sarapan..
Istri : engga ah, mas saja duluan saya belum lapar..
Suami : loh ko belum lapar , dari tadi kan belum makan apa-apa. Isi dulu perutnya jangan sampai nanti kamu sakit. Ayo makan dulu,
Istri : nanti saja mas, sebentar saya ambilkan dulu the hangatnya didapur ya..
Suami : kamu itu kenapa sih, kamu jangan menyikasa diri kamu sendiri dong, kamu masih kepikiran tentang keturunan? Aku kan sudah bilang jangan terlalu difikirkan, sekarang jalani saja dulu yang ada syukuri, kita harus yakin allah pasti akan mengabulkan doa kita.
Istri : entah kenapa ya mas, aku merasa kalau aku ini banyak kekurangan mas buat kamu. Tapi kamu begitu sabar , dan tulus. Aku berterimakasih mas sama kamu, kamu baik banget sama aku..
Suami : sudah kewajiban aku untuk selalu melindungi dan membahagiakan kamu.. sudah ya sekarang kita makan 

(* datang mbaa bawa the hangat )
Mbaa : duh pa bu maaf ya lamaa.. tadi saya beli dulu gulanya sebentar soalnya habis
Suami : iya gapapa mba.. makasih ya..
(*sarapan)
(*mau berangkat ke kantor)
(*sett ruang tamu )

Istri : semuanya udah siap mas?
Suami : udah, eh tapi si jaka mana ya ? jaka…
Jaka : siap pa… mau berangkat sekarang pa?
Suami : engga nanti malam saja…
Jaka : kok nanti malam pa? kan biasanya jam sekarang berangkat pa ke kantor
Suami : nah tuh kamu tau, kok masih nanya, kan kamu itu udah lama kerja disini kenapa sih masih  aja nanya kaya gitu…
Jaka : oh yaya pa maaf saya lupa
Suami : ya sudah tolong bawa tas saya ..
Jaka : diamana pa tasnya ?
Sumi : itu tas saya kok masih nanya sih
Jaka : oh iya pa siap…..
Sumi : mobil, mobilnya udah disiapain?
Jaka : udah pa beres pokonya…
Suami : yasudah bagus kalo gitu, ayo kita berangkat sudah siang nih… , bu saya berangkat dulu ya.. assalamualaikum …
Istri : waalaikum salam hati-hati ya mas..
(*berangkat naik mobil)

Kantor perusahaan milik suami mengadakan lowongan kerja baru yaitu bagian sekertaris. Suatu hari ada perempuan yang melamar pekerjaan sebagai sekertaris.
Sella : (*ketok pintu)
Suami : ya silahkan masuk , ………………………………….. silahkan duduk,
Sella : perkenalkan pa, saya sella saya disini melamar pekerjaan atas lowongan pekerjaan dalam bidang sekertaris pa. ini berkas lamaran kerja saya .
Suami : pengalaman kerjanya diamana saja ?
Sella : sebelumnya saya pernah bekerja sebagai sekertaris di salah satu perusahaan produksi barang tetapi masa kontrak saya habis dan saya tidak berniat memperpanjang karena situasi perusahaan yang menurut saya nyaman..
Suami : kalau begitu mulai besok kamu sudah mulai bekerja disini ya… selamat bergabung…
Sella : terimakasih pa…

(* pulang larut malam)
(* sampai dirumah )
Suami : jaka, tolong simpan tas saya ya.
Jaka : tas yang mana ya pa?
Suami : tas koper, tas kerjaan lah buat kekantor…
Jaka : oh iya pa siap….
Suami : ya sudah,
Jaka : eh tapi pa..
Suami : apalagi…
Jaka : simpannya kemana ya pa?
Suami : simpan ke kantor saya lagi, sekarang kamu balik lagi ke kantor dan sekalian aja kamu jangan pulang ke rumah ini ya… (*ksel)
Jaka : oh iya pa(*kebingunga)
Suami : (* tepok jidat ) astagfirullahhaladzim kamu itu ya apa-apa itu fikirin dulu. Jangan maen iya iya aja… kamu tuh ngerti ga sih apa yang saya omongin
Jaka : (* kebingungan )
Suami : sudahlah sudah simpan saja dimobil gausah diapaapain tas saya  sana istirahat aja kamu.

(*satubulan kemudian)
Suami sedang dikantor da tiba-tiba ibunya datang ke kantor…
Suami : loh ibu kok tiba-tiba datang kekantor ada perlu apa bu
Ibu : ibu kangen aja udah lama ga ketemu kamu. Oh ya gimana istri kamu sekarang,
Suami : oh iya bu alhamdulilah dia baik-baik aja bu, ibu tadi ga kerumah dulu ?
Ibu : enggaa.. ibu langsung dating ke kantor … emh, ibu sebenernya pengen banget punya cucu, gimana istri kamu udah keliatan tanda-tanda hamil belum ? kalian tuh udah lama menikah masa belum ada satu anak pun
Suami : belum bu. Kan segala sesuatunya itu butuh proses bu, mungkin sekarang belom waktunya
Ibu : halah, kamu tuh selalu ngebelain istrimu itu, dia tuh gabisa hamil harusnya kamu nikah lagi aja, biar kamu bisa punya anak dan ibu cepat punya cucu..
Suami : ibutuh bilang apa asih, jangan bicara seperti itu bu gak baik…
Ibu : ibu itu berbicara fakta , sekarang kamu terima saja saran ibu, pokoknya ibu pengen kamu nikah lagi. Kalau kamu saying ibu harusnya kamu nurut dong apa kata ibu.
Suami : tapi bu…
Ibu : jangan tapi-tapian sekarang kamu mau bilang sama istri kamu buat nikah lagi atau ibu yang akan bilang sama istri kamu? Kalau dia tida setuju ceraikan saja dia..
Suami : astagfirullahaladzim bu… jangan seperti itu bu… okey saya akan bilang sama dia bu…
Ibu : okey ibu sekrang akan tinggal dirumah kamu sampai kamu bener-bener menikah lagi. Ibu pulang dulu…

(*ibu keuar dari ruangan suami, ketemu sama sekertaris)
sella : ibu? ini ibu sarah kan?  temenya mamah saya kan ? mamah rika
Ibu : oh iya, kamu itu… sella ya? Yaampun udah lama ga ketemu… gimana kabar mamamu baik?
Sella : mama baik bu, ibu ada perlu apa di dini?
Ibu : loh ini kan perusahaan ibu, Cuma sekarang diatur oleh anak ibu, kamu disini kerja?
Sella : ya bu saya sekertaris bapa disini… oh jadi bapa itu anak ibu,
Ibu : iyaa.. jadi kamu sekertarisnya ya… oh ibu buru-buru ni ada perlu lain kali kita ngobrol lagi ya

(*suami pulang dari kantor sampai dirumah)
(*Suami melamun kebingungan)
Istri : mas, kamu kenapa lagi ada masalah di kantor?
Suami : hahh.. engga engga ada apaapa ko,
Istri : oh iya mas tadi ibu datang dan ibu bilang mulai besok mau tinggal disini. Tapi ibu juga tadi sempet nanyain masalah keturunan mas, aku ngerasa gaenak mas sama ibu dan apa yang dibilang ibu itu benar
Suami : apa yang ibu bilang?
Istri : sebaiknya mas menikah lagi saja, aku ikhlas ko mas dan aku ridho kalo memang itu jalan yang paling baik mas. Bair ibu juga cepet dapet cucu.
Suami : ko kamu bilangnya gitu… aku…
Istri : sudah lah mas aku ridho ko mas ….
Suami : tapi bu, …..
Istri : mas aku minta sama kamu tapi kamu harus tetap adil , aku meridhoi kamu untuk menikah lagi silahkan mas. Aku mengijinkan kamu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar