welcome

WELCOME TO MY BLOG

Kamis, 21 November 2013

Contoh Karangan Paragraph Tentang Penyimpangan Sosial



Penyimpangan social di lingkungan masyarakat moderen.
Penyimpangan social merupakan suatu perilaku yang menyimpang dari norma yang ada. Penyimpangan social di lingkungan masyarakat seperti : mabuk-mabukan, terjerumus ke dalam narkoba, seks/pergaulan bebas, mencuri dan hal-hal lainnya yang menyimpang dari norma atau aturan yang ada.
Penyimpangan social di lingkungan masyarakat modern seperti saat sekarang ini banyak terjadi. Bahkan norma atau aturanpun seperti tidak pernah ada karena tidak pernah ditaati. Contohnya seperti kegiatan yang dilakukan pada masyarakat “Dunia Malam”, hal ini mengandung arti bahwa di malam hari banyak sekali orang-orang yang berkeliaran di malam hari. Melakukan kegiatan yang tidak jelas dan tidak ke dalam hal positif. Seperti di dalam sebuah tempat hiburan malam yaitu Diskotik. Di tempat inilah banyak sekali orang-orang yang ramai untuk sekeddar menghibur diri. Mabul-mabukan, berjudi, bahkan adanya pergaulan bebas/seks dan narkoba. Kegiatan seperti itu sangat bertentangan dengan norma dan aturan yang ada, karena di Negara Indonesia menganut Negara Hukum, bukan Negara bebas yang diaman kita bisa melakukan kegiatan yang bebas sesuai keinginan kita sendiri.
Oleh karena itu, perilaku penyimpangan social harus segera diatasi. Banyak berbagai hal pemecahan masalah dalam penyimpangan social. Misalnya, kita harus bisa memilih antara hal yang baik dan hal yang buruk untuk dapat kita lakukan. Karena hal ini sangat penting agar kita tidak terjerumus kedalam keburukan yang mengakibatkan kita berperilaku menyimpang dari norma/aturanyang ada.
Selain itu, kita juga harus rajin beribadah dan mendekatkan diri kepada Tuhan agar kita tidak terjerumus kedalam perilaku buruk dan menyimpang, sehingga kita dapat menjalani hidup dengan penuh kebaikan.
Selain dari diri sendiri, masyarakat dan pemerintah juga harus ikut berperan dlam hal pemecahan masalah penyimpangan social. Caranya, pemerintah dan masyarakat harus membuat peraturan dan sanksi yang lebih tegas, sehingga orang yang melakukan penyimpangan social jera dan tidak akan mengulangi perbuatan yang menyimpang dari norma dan aturan yang ada.  

2 komentar: