welcome

WELCOME TO MY BLOG

Kamis, 21 November 2013

Contoh Karangan Paragraph tentang Kelangkaan Sumber Daya


Kelangkaan sumber daya
Kelangkaan adalah kondisi dimana kita tidak mempunyai cukup sumber daya untuk memuaskan semua kebutuhan kita. Kelangkaan terjadi karena jumlah kebutuhan lebih banyak dari jumlah barang dan jas yang tersedia.
Dalam masalah kelangkaan ilmu ekonomi berperan penting, karena masalah ekonomi yang sebenarnya adalah bagaimana kita mampu menyeimbangkan antara keinginan yang tidakk terbatas dan alat pemuas kebutuhan yang terbatas.
Keterbatasan sumber daya yaitu keterbatasan jumlah sumber daya yang dihasilkan oleh alam karena keserakahan ulah sifat manusia yang serakah.
Factor penyebab kelangkaan ada 6 macam yaitu :
1.         Keterbatasan sumber daya
2.         Pertambahan penduduk
3.         Keterbatasan kemampuan produksi
4.         Terjadinya bencana alam
5.         Perbedaan letak geografis
6.         Lambatnya perkembangan teknologi
Contoh permasalahan kelangkaan seperti, kekurangan air yang terjadi akhir-akhir ini di sebagian wilayah Indonesia. Seperti di kota Jakarta yang yang kekurangan air karena padatnya penduduk di kota Jakarta. Sehingga mengakibaatkan kelangkaan pemenuhan air karena banyak sekali yang memanfaatkan sedangkan stok air tidak banyak sehingga tidak ada keseimbangan dalam hal ini.
Berkaitan dengan hal itu, perlu dikembangkan budaya masyarajat Indonesia untuk menjaga kelestarian sumber daya alam. Penghematan sumber daya air, tidak mencemari air, pemanfaatan air hujan, dan peresapan air hujan ke tanah.
Kesimpulannya maka dengan kita melakukan perilaku menjaga kelestarian sumber air, kelangkaan air pun tidak akan terus menerus menjadi masalah yang berkepanjangan jika kita dapat menjaga kelestarian sumber air.  

4 komentar: