welcome

WELCOME TO MY BLOG

Jumat, 22 November 2013

Contoh Karangan Surat Pembaca.


Kenakalan Remaja
Setiap manusia pasti mengalami yang namanya masa remaja. Masa remaja adalah masa-masa perubahan diri seorang manusia untuk menjadi lebih dewasa, baik dalam sikap, fikiran juga termasuk bentuk fisik dan umur yang semakin hari semakin bertambah. Pada saat itulah pasti setiap orang yang mengalami masa remaja pasti selalu ingin mencoba untuk hal-hal yang negative dibandingkan dengan hal positifnya. Mereka cenderung selalu merasa paling benar, selalu ingin menang sendiri. Sulit diatasi dan diajakn kompromi sehingga secara umum public mengatakan bahwa masa remaja adalah masa yang sulut diatur.
Seperti halnya pada saat sekarang ini banyak sekali bermunculan suatu kelompok (geng). Geng adalah sebutan biasa disebutkan pada sekelompok anak muda (remaja), namun mendapat pandangan pada hal yang negative terkait dengan aktivitas yang kurang tepat bahkan cenderung meresahkan dan merugikan masyarakat.
Dalam geng kecenderungan tumbuh sikap kekerasan. Munculnya sikap itu disebabkan oleh adanya sekelompok orang yang memiliki sisitem nilai yang berbeda. Masing-masing geng memiliki sisitem nilai dan peraturan berbeda-beda yang kemudian mengatur anggota kelompoknya. Nilai-nilai it uterus berlanjut karena adanya perpindahan nilai dari satu generasi ke generasi berikutnya yang akan menjadi generasi baru dan penerus dalam hal tersebut.
Banyak sekali kegiatan yang dilakukan oleh kelompok geng yang sangat cenderung merupakan perbuata negative dan sangat meresahkan masyarakat, seperti : berkelahi, keluyuran, membolos sekolah, pergi dari rumah tanpa pamit, mengendarai kendaraan seperti motor tanpa SIM (surat ijin mengemudi), mencuri bahkan sampai meminum minuman keras, penyalahgunaan narkoba, hubungan seks bebas diluar nikah, dsb. Hal tersebut adalah perbuatan yang sangat tidak baik dilakukan dan harus segera diatasi. Lantas, bagaimana caranya agar anak usia remaja tersebut bisa melewati masa remajanya dengan aman?
Dalam era serba terbuka, hampir semua hal bisa diakses melalui dunia maya, ada banyak pilihan minat dan aktivitas untuk dilakukan siapa saja. Yang perlu diperhatikan adalah teman atau kelompok aktivitas yang apa yang mereka pilih. Hal ini penting mengingat bila salah memilih teman dan kelompok, remaja bisa terjebak dalam aktivitas yang kurang terarah. Sebagai fondasi, keluarga menjadi peletak dasar bagi segala aktivitas mereka, termasuk aktivitas diluar rumah. Kemampuan orang tua memahami minat dan kemauan anak melalui komunikasi yang hangat dan kasih sayang bisa menjadi landasan kokoh pada saat anak mulai melalui masa remaja dan meluaskan pergaulannya dengan memperhatikan sikap baik.
Perkembangan positif remajapun tidak lepas dari peran sekolah sebagai rumah kedua. Berbagai kegiatan ekstrakulikuler bisa menjadi sarana untuk menyalurkan minat, bakat dan kemampuan. Sekolah melalui guru kelas serta guru bimbingan dan konseling dapat menjadi media bagi remaja untuk mengonsultasikan segala aktivitasnya, baik akademik maupun non akademik.

1 komentar: